Kunci Motivasi [Part 2]: Loved At The First Sight


Ya betul sekali. Loved At The First Sight. Itu merupakan kunci motivasi yang kedua. Bagaimana membuat orang Jatuh Cinta kepada kita saat pertama kali bertemu. Bagaimana caranya? Ingat, practice make perfect.

Buatlah 30 detik pertama percakapan Anda dengan seseorang menjadi sangat berharga buat orang tersebut. John Maxwell mengatakan dalam bukunya, 25 Ways To Winning People, salah satu kunci motivasi adalah pada percakapan pembukaan dengan orang lain. Bagaimana membuat orang lain menjadi berkesan bertemu dengan kita sehingga mengharapkan pertemuan berikutnya. Masalahnya sekarang, bagaimana kita bisa membuat orang menjadi "falling in love" dengan kita dalam sekejap?

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan. Semakin kita mengenal orang tersebut, kita akan semakin dapat mengetahui bagaimana mengambil hatinya. Tentu saja ini membutuhkan latihan yang tidak gampang. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat lawan bicara kita merasa dihargai. Berikan pujian yang tulus kepada orang tersebut. Tapi ingat, pujian bukan berarti menggombal. Pujian atau ucapan terima kasih, merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada seseorang. Percaya atau tidak, bagi beberapa orang, ucapan terima kasih sangat berarti buat seseorang. Manusia pada dasarnya memerlukan kata-kata positif untuk didengar yang akan membuat dia merasa terangkat moralnya. Simpel saja, say hello in the morning, berikan satu pujian buat orang yang anda temui. Hal ini dapat membantu mengangkat mood orang itu selanjutnya. Sering-seringlah mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan seseorang.

Apa yang akan terjadi bila prinsip ini berjalan?

Apresiasi
Lawan bicara Anda akan mendapatkan Apresiasi, atau penghargaan. Dia akan merasa dihargai atas apa yang telah dia kerjakan. Apabila anda seorang pemimpin perusahaan, atau kepala bagian tertentu, cukup penting untuk senantiasa melakukan hal ini. Bahkan kepada orang yang dianggap tersingkir atau bagian yang dianggap memberikan kontribusi kecil ke perusahaan, hal ini mutlak dilakukan. Ada suatu cerita, seorang direktur yang memberikan kado ulang tahun istimewa kepada office boy nya. Dalam satu hari tersut OB-nya dimanjain, dibuatin kopi, seperti apa yang biasa OB-nya lakukan untuk dia.

Afirmasi
Secara harafiah, afirmasi diartikan sebagai pengakuan. Banyak orang merasa bekerja disuatu tempat, tapi kurang mendapat pengakuan. Biasanya identik dengan karyawan yang "tersingkirkan". Dengan membuat orang merasa dihargai, dia akan merasa mendapatkan pengakuan terhadap jehadirannya. Terhadap hasil kerjanya. Hal ini akan membantu mengangkat moral orang tersebut.

Percaya atau tidak, selamat mencoba. "Loved at the first sight"

1 comments:

Anonim mengatakan...

Gw suka banget,,,,
gw banget kayaknya tulisan lo itu.
kykny gw mesti banyak belajar dari tulisan lo.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons