Mulailah Dengan Bermimpi!


Jangan pernah bertanya, "Mengapa saya tidak bisa sukses?" Apabila Anda belum pernah bermimpi menjadi orang sukses.

Wujudkan impian Anda menjadi kenyataan. Sering kali kita semua mendengar kata-kata tersebut di majalah, surat kabar, dan televisi. Misalnya commercial break tentang suatu produk yang berhadiah undian sebuah mobil mewah. Bagi orang yang belum mempunyai mobil mewah, hal itu mungkin dirasa hanya sebagai sebuah mimpi yang hampir mustahil untuk digapai.

Saya pernah mendapat kesempatan menarik ketika saya berkunjung ke Gramedia buat hunting buku-buku untuk saya baca. Pada waktu itu Gramedia sedang mengadakan free talk show dengan menghadirkan pembicara salah satu penulis buku terkenal di Indonesia, motivator handal, dan juga seorang yang fokus sekali dengan kinerja otak manusia. Ya, Adi W Gunawan. Pada waktu itu cukup banyak orang yang menyimak, tempat yang disediakan sampai penuh. Di salah satu sesi tanya jawab, ada orang yang menanyakan kepada beliau, gimana sih kiatnya biar jadi orang sukses. Yang pertama kali dia jawab adalah, harus punya impian. Dream. Ya benar sekali. Banyak orang sukses yang berangkat dari bermimpi. Orang bermimpi bisa terbang, akhirnya terciptalah pesawat terbang. Orang bermimpi bisa ke angkasa, akhirnya mendaratlah orang di bulan. Sudahkah saat ini anda mempunyai mimpi? Apakah dengan mimpi saja cukup untuk meraih suatu kesuksesan?

Banyak sekali kita jumpai di buku-buku atau di internet, kiat-kiat orang sukses. Mulai dari A to Z, semuanya pasti ada. Yang menarik bagi saya dalam memandang sebuah kiat sukses adalah, bahwa kita semua harus memulainya dengan suatu impian. Mengapa impian? Bagi saya impian itu adalah sesuatu yang indah jika terjadi. Benar bukan? Mimpi indah kalo tidak terjadi, adanya hanya gigit jari saja. Bertahun-tahun yang lalu saya bermimpi untuk mempunyai sebuah website sendiri semoga sebelum tahun 2009 sudah terealisasi. Kembali ke pertanyaan diatas, apakah dengan mimpi saja sudah cukup? Jawabannya tentu saja tidak!

Masih banyak langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mewujudkan impian Anda. Saya merangkum dari beberapa sumber yang saya pelajari, langkah yang real setelah bermimpi adalah berusaha. Itu sudah pasti dong. Segala sesuatu yang diinginkan tanpa ada usaha adalah sia-sia. Usaha yang dilakukan tentu saja bermacam-macam, mulai dari yang dilakukan sendiri, atau dengan bantuan orang lain. Dalam melakukan usaha tersebut, ada hal penting yang harus diingat, yaitu yakin. Anda harus yakin dalam melakukan usaha tersebut, yakin bahwa akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Tanpa keyakinan, dijamin Anda tidak akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Satu hal yang perlu diingat, kita tidak dapat melangkahi kodrat kita sebagai ciptaan Yang Maha Kuasa. Kita sudah bermimpi, sudah berusaha dan yakin bahwa apa yang kita impikan akan tercapai, tapi jika tidak direstui oleh Yang Maha Kuasa, itu percuma. Memang sulit dibahas secara rasional tentang hal yang ini, namun langkah berikutnya yang harus ditempuh adalah benar-benar berbau faktor X, yaitu bersyukur dan pasrah. Ilmu pengetahuan manapun tidak adakan dapat menjelaskan hal seperti ini. Tapi jika Anda seorang yang percaya akan suatu agama atau kepercayaan, Anda pasti akan setuju dengan opini saya ini. Impian yang lurus, diikuti dengan usaha di jalan yang lurus dan penuh keyakinan, pasti akan mendapatkan balasan yang setimpal. Ingat, jangan lupa untuk bersyukur dan pasrah lewat doa-doa kita.

Bagaimana kemudian jika kita sudah melakukan semuanya itu namun impian kita belum tercapai juga? Itu yang sering membuat orang menjadi frustrasi. Bagi saya, jawabannya adalah, bermimpilah yang masuk akal, dan jangan terlalu spesifik. Seseorang dengan ekonomi pas-pasang, ingin mempunyai sebuah mobil mewah. Pendapatan dia per bulan hanya sesuai dengan UMR, anaknya tiga biji. Mungkinkah impian dia tercapai? Bisa saja tercapai, hanya perlu di modifikasi sedikit. Tetap bermimpilah mendapatkan mobil, tapi jangan spesifik mobil mewah merk Z. Cukup bermimpi punya mobil. Kemudian lakukanlah usaha yang dapat membuat hal itu tercapai. Atur keuangan, cari job tambahan, dsb, dsb, niscaya, jika semuanya itu dilakukan di jalan yang benar, at least sebuah mobil pick up tahun 80 juga dapat.

"Jangan bermimpi terlalu indah, karena jika tidak tercapai dapat merubah mimpi Anda menjadi mimpi buruk"

1 comments:

r14_r053 mengatakan...

kalau menurut saya mimpi indah itu boleh kok...hanya saja yang diawal dimulai dari mimpi-usaha-keyakinan-berdoa-berserah dan besyukur...
saya yakin jikalau mimpi yang besar belum terwujud tetapi jika kita dapat bersikap selalu bersyukur..kita tidak akan jatuh..dan sebaliknya mimpi yang besar itu akan semakin mendekatkan kita kepada kesuksesan yang diinginkan...:)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons