Siapapun Presidennya, minumnya ...

Jadi ingat dengan salah satu iklan produk minuman botol di Indonesia. Bulan juli 2009 ini Indonesia memasuki pemilihan presiden untuk periode lima tahun mendatang. Beberapa waktu yang lalu waktu melihat acara Mario Teguh di Metro TV, ada satu pertanyaan dari penelpon yang cukup membuat saya tertawa. Inti pertanyaannya kurang lebih adalah terkait dengan calon presiden yang akan dipilih. Mana yang kira-kira bisa membuat hidup lebih enak.

Saya pikir siapapun presidennya, sukses atau tidaknya seseorang tidak terpengaruh dari hal itu. Katakanlah Megawati yang terpilih, dengan mengusung 'wong cilik' sebagai inti dari pengembangannya. Saya pikir seorang wong cilik akan tetap menjadi wong cilik jika dia tidak mau berusaha. Lihat cerita saya tentang kai pang (baca: pengemis) yang sukses.

Semua kembali kepada diri kita sendiri. Maju atau tidaknya seseorang, berhasil atau tidaknya seseorang, semuanya diawali dari dalam diri sendiri. Kesuksesan seseorang saya yakin tidak ditentukan dengan siapa presiden yang terpilih. Faktof external memang mempengaruhi, namun bukan yang utama. Kisah-kisah sukses bisa dibaca disini. Seorang yang sudah sukses malah dapat menjadi hancur gara-gara hal-hal sepele dari dalam dirinya, misal tersandung kasus narkoba, sehingga membuatnya masuk penjara, akhirnya karena depresi bunuh diri di dalam sel.

Jadi mari kita sukseskan pilpres di Indonesia 8 Juli mendatang. Gunakan hak pilih, yang pastinya tidak akan mempengaruhi kesuksesan kita. Semua diawali dari dalam diri kita sendiri.

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons