Tono Takut Naik Sepeda



Thomas Alfa Edison perlu untuk melewati 2000 kegagalan sebelum akhirnya dia menjadi tokoh terkenal yang menciptakan lampu. Sampai saat ini bahkan menjadi satu barang yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Thomas meng-klaim bahwa dirinya tidak gagal, hanya saja dia perlu untuk melewati 2000 tahapan proses dalam menciptakan sebuah lampu.

Beberapa waktu lalu saat saya hunting buku di Gramedia, saya menemukan sebuah buku diskonan (Indonesia banget ya), tentang kisah sukses 55 orang terkenal di dunia. Mulai dari Walt Disney, hingga ke Oprah. Banyak hal yang dapat saya tangkap dari kisah sukses mereka, yaitu tidak pernah menyerah dalam menhadapi sebuah masalah. Jika hal itu kita tela'ah, memang kedengarannya masuk akal. Namun pada kenyataannya, bagi orang yang menjalani nya, hal itu sangat tidak mudah. Orang sering merasa depresi dalam menjalani hal tersebut. Bahkan untuk orang yang sudah punya keyakinan bahwa "tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini" sekalipun. Saya adalah seseorang yang percaya bahwa manusia akan mampu melakukan suatu hal yang tangible. Namun tidak menampik bahwa suatu saat dimana saya sedang mengalami masalah yang sudah akut stadium 3, saya sering merasa depresi. Namun saya meyakini bahwa segala sesuatunya harus dicoba dan ada usaha untuk itu.

Jangan pernah takut untuk mencoba, dan jangan pernah takut akan gagal
Itu adalah salah satu hal yang harus diyakini. Jika takut gagal, itu mungkin masih masuk akal. Tapi jika takut mencoba, ini parah. Bagaimana kita bisa tahu bakal berhasil atau tidak jika mencoba saja tidak pernah. Banyak anak kecil yang takut jatuh waktu naik sepeda seperti kisah Tono dan Tini berikut ini.

Tini : "Tono aya kita main sepeda"
Tono: "Ga mau ah, takut jatuh"
Tini : "Emang udah pernah jatuh?"
Tono: "Belum..."
Tini : "Lah kalo selama ini naik sepeda ga pernah jatuh kok masi takut?"
Tono: "Masalahnya saya ga bisa naik sepeda"
Tini: "Lah.. kenapa ga belajar?"
Tono: "Ya itu tadi, takut jatuh"

Aneh kan. Bagaimana si Tono tahu jika dia bakal jatuh saat belajar sepeda jika mencoba naik sepeda saja belum pernah. Ini bukan omong kosong. Banyak orang disekeliling kita yang takut mencoba sesuatu, padahal itu sepele dan very-very low risk! Saat seseorang diberikan tugas baru, banyak yang first respon nya adalah refuse a.k.a menolak. Hal ini terkait dengan cerita zona nyaman. Suatu problem dasar manusia. Klasik banget. Orang tipikal seperti ini akan terhambat untuk maju.

So... jangan pernah merasa takut untuk gagal, apalagi takut untuk mencoba. Anggap saja, kegagalan itu adalah serangkaian proses yang harus dilewati seperti yang dikatakan Edison. Pasti Bisa!

2 comments:

nardy mengatakan...

Mungkin ada hal-hal lain yg dipikirin Tono, yg mungkin gak sempet kita pikirin, misalnya "resiko jatuh" mungkin yg ada dalam benak kita hanya sakit atau luka kecil, tapi mungkin Tono berpikir lebih jauh lagi: malu, masuk RS, mati dan yg paling mengerikan Tono gak punya sepeda (pinjem)klo rusak siapa mo ganti hehehe....

logisticology mengatakan...

mantab om.. keep posting
http://www.logisticology.com

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons