Menunda Tanda Tak Mampu


Ada ungkapan yang menyebutkan "sirik tanda tak mampu". Tapi yang ini beda, "Menunda Tanda Tak Mampu". Bekerja dengan orang yang tidak capable, kadang-kadang bikin geregetan. Untungnya sampai saat ini saya masih mencoba wise dengan keadaan itu. Bertemu dengan rekan kerja yang sering mengatakan "Nanti saja ya, saya lagi sibuk", "Hmmm... besok masih bisa kan?", atau "Nanggung nih uda mau pulang, besok saja ya", kadang bikin saya dongkol.

Satu dua kali saya tidak menyadari bahwa ungkapan tersebut adalah ungkapan ketidakmampuan dia. No offense, tapi biasanya hal ini pasti kita temui di tempat kita bekerja. Jika kebetulan kita adalah atasan karyawan tersebut, kita masih dapat untuk men-develop. Namun jika bukan dibawah kita, atau bahkan mungkin dia justru atasan kita, itu yang bikin repot.

Tipikal orang seperti tersebut diatas biasanya adalah mereka yang tidak mau mengembangkan diri, tidak mau berubah mengikuti perkembangan perusahaan dan perkembangan jaman, atau mereka yang termasuk barisan sakit hati, yang merasa sudah senior, pengen dapat jabatan tinggai, tapi skill terbatas.


Ada sebuah matrix yang sering digunakan dalam memetakan hal ini. Skill vs Will Matrix. Pekerja ideal tentu saja mereka yang punya skill dan will kuat. Mereka dengan skill rendah dan will kuat, masih dapat diarahkan untuk maju, sedangkan mereka dengan will rendah, meskipun skill mereka bagus, akan lebih susah untuk diajak berkembang.

Tipe rekan kerja saya tadi saya saya kategorikan di low skill and low will. Barisan sakit hati, suka menunda pekerjaan, bukan karena dia sibuk, tapi karena tidak mampu dan tidak mau. Jika anda merasa berada di kategori ini, sebaiknya segera berubah. Take it or leave it. Anda tidak puas bekerja di suatu tempat, keluarlah. Keluar dari zona nyaman anda.

"Jangan pernah menunda pekerjaan anda. Jika anda merasa tidak mampu, katakan dengan jujur. Teman anda pasti akan membantu"

1 comments:

Uch1 mengatakan...

betul iku

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons