Arti Sebuah Nilai


Bayangkan anda sedang duduk mendengarkan seseorang berbicara. Tiba-tiba orang tersebut melemparkan sebuah Handphone kepada Anda, apa yang Anda lakukan?


Jika saya yang ada disitu, saya pasti akan menangkap handphone tersebut. Itulah reflek seorang manusia normal. Mengapa hal itu bisa terjadi? Dalam otak kita sudah tertanam suatu pemikiran bahwa barang tersebut mempunyai nilai. Kita akan menjaga barang tersebut agar tetap mempunyai nilai. Itulah salah satu arti sebuah nilai. Sama halnya dengan manusia, setiap manusia pasti memiliki nilai. Jadi artinya, setiap manusia adalah berharga. Meskipun seseorang itu ganteng, cantik, jelek, cacat, tinggi, atau pendek, semuanya memiliki nilai.

Ada salah satu kutipan dari buku yang pernah saya baca. Ada seorang pembicara, berbicara didepan orang banyak. Dia mengeluarkan selembar uang, katakanlah uang seratus ribu rupiah, pecahan uang terbesar di Indonesia saat ini. Selembar uang itu masih baru. Baru turun cetak. Mulus kondisinya. Kemudian dia berkata kepada yang ada disana, "Saya akan memberikan selembar uang pecahan seratus ribu ini kepada salah seorang disini. Siapa yang mau?". Kontan saja semua orang yang ada diruangan itu mengangkat tangannya. Mengapa semua orang mengangkat tangannya? Karena semua mengganggap bahwa uang tersebut mempunyai nilai yang cukup berharga.

Kemudian, orang tersebut meremas-remas uang tadi hingga kumal, kemudian dia bertanya lagi kepada semua yang hadir disana, "Saya sekali lagi bertanya kepada Anda sekalian, saya akan memberikan selembar uang pecahan seratus ribu ini kepada salah seorang disini. Siapa yang mau?". Sekali lagi, orang yang ada disana mengangkat tangannya. Namun jumlahya sudah tidak sebanyak yang tadi.

Terakhir, orang itu mengangkat uang tadi keatas, kemudian meremas kembali uang tersebut, membantingnya kelantai, dan meninginjak-injak sampai lusuh dan kotor. Sekali lagi dia bertanya, "Saya sekali lagi bertanya kepada Anda sekalian, saya akan memberikan selembar uang pecahan seratus ribu ini kepada salah seorang disini. Masih ada yang mau?". Masih ada orang yang mengangkat tangan, namun jumlahnya jauh lebih sedikit.

Itulah arti sebuah nilai yang biasa dilihat oleh manusia. Saat sesuatu dilihat berharga dan menarik untuk dilihat (bagus luar dalam), banyak mata manusia yang tertarik ingin mendapatkannya. Siapa yang tidak mau punya pasangan hidup yang keren abis, banyak duitnya. baik hatinya, pengertian, dll. Komplit luar dalam. Ibarat kue terang bulan, model gitu pasti paling mahal harganya. Saat sesuatu tersebut sudah memudar penampilannya (tampak luarnya), namun bagi sebagian mata manusia masih dianggap berharga, sebagian orang tersebut masih ingin mendapatkannya. Terakhir, terlepas dari penampilannya yang tidak karuan, lusuh, kotor, bahkan mungkin sobek, banyak orang sudah mulai menjauh meskipun sebenarnya sesuatu tersebut masih memiliki nilai. Namun beberapa orang yang melihat dengan mata hatinya, masih menganggap sesuatu tersebut memiliki nilai.

Ada peribahasa, "Don't Judge Book From It's Cover". Sebenarnya peribahasa yang cukup indah. Saya percaya bahwa disetiap manusia di dunia ini, pasti memiliki nilai. Terlepas dari bentuknya dia, atau secara fisik dia kekurangan, namun ada 1 hal penting yang dia miliki, yaitu nilai. Jangan heran jika sewaktu-waktu anda menemukan orang yang biasanya dicemooh, dicela, disia-sia, tiba-tiba menjadi seorang yang kelihatan bernilai, dikagumi banyak orang.

Percayalah, setiap kita mempunyai nilai, tinggal bagaimana kita menemukannya dan membuatnya menjadi berharga dimata kita sendiri dan orang lain disekitar kita.

3 comments:

Anonim mengatakan...

dannnn....

tulisan yang bagus.. goow work.. memang sih, jangan lihat sesuatu hanya dari luarnya aja, kadang sesuatu yang berharga masih terselip di dalamnnya...

thanks bro, Gbu

Anonim mengatakan...

well done bro

Anonim mengatakan...

Nice ^^
Im agree w/ u 'dun judge a book by its cover'...
Sumtimes we need to see other people view first so we can understand tat people more clear.

Keep writing yeah...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons