Trust Fall

Bagi orang-orang yang akrab dengan pelatihan outbound, jenis permainan ini pasti sudah tidak asing lagi. Setelah sekian lama tidak memainkan permainan ini, akhirnya minggu lalu saya mendapatkan kesempatan untuk kembali bermain trust fall.

Trust fall adalah salah satu bentuk permainan dalam outbound training yang diberikan untuk melatih kepercayaan terhadap orang lain. Cara permainannya sangatlah mudah. Seorang anggota team akan berdiri diatas sebuah kayu yang telah disusun sedemikian rupa sehingga tinggi nya melebihi tinggi manusia, tempat ini berfungsi sebagai pijakan untuk melakukan trust fall. Anggota team lain akan berada di bawah, membentuk sebuah dasar landasan untuk mendarat dari rangkaian tangan.

Pertama kali memainkan trust fall adalah saat saya berada di kampus, waktu acara camp mahasiswa. Minggu lalu saat mengikuti Leadership Training di Ciawi, kebetulan ada permainan yang sama. Saya mencoba terjun pertama kali. Mengapa memilih pertama? Salah satu alasan dasar sih karena belum ada sukarelawan yang mau naik. Ditambah juga saya mencoba untuk melatih diri sendiri. Toh ya tujuan dari training itu adalah laedership. Salah satu tugas leader adalah "Ing Ngarso Sung Tulodho", seperti kata Ki Hajar Dewantoro dahulu. Yang di depan mesti memberi contoh. Cukup fun permainan ini. Dengan berbekal kepercayaan terhadap rekan team yang lain, dengan mantab saya menjatuhkan diri sesuai dengan instruksi dari trainer dan sejenak kemudian, rekan-rekan di bawah sudah menerima saya dengan aman.

Tidak semua orang dapat sukses memainkan trust fall ini. Hal dasar yang membuat mereka gagal adalah rasa takut dan tidak percaya yang muncul dari dalam diri. Takut akan jatuh, dan tidak percaya bahwa rekan-rekan di bawah akan menolong. That's why permainan ini dinamakan Trust Fall. Sebagai seorang leader, salah satu yang harus kita punya adalah kepercayaan. Percaya dengan rekan kita, percaya dengan kemampuan kita.

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons