Orang Yang Sukses Apakah Selalu Orang Yang Ahli?


Jika anda tidak ahli memasak apakah mungkin anda sukses bisnis rumah makan ? Demikianlah pertanyaan yang seringkali muncul ketika ada orang yang tidak ahli dalam melakukan sesuatu hal, tapi bisa sukses di bisnis tersebut. Di sekeliling kita ada orang tidak ahli memotong rambut tapi bisa sukses berbisnis salon, ada orang tidak mahir bahasa Inggris, bisa mendirikan kursus Bahasa Inggris, tidak tahu soal perbengkelan, usaha bengkelnya sukses.


A. Khoerusalim adalah contoh seorang yang mengaku tidak tahu bagaimana cara membuat donut, tapi kita tahu Country Donuts adalah bisnis utamanya yang berkembang sangat pesat, jauh meninggalkan bisnis donut milik orang lain yang sudah mendapat sertifikat mahir kursus membuat donuts. Sebaliknya ada orang ahli komputer, mendirikan usaha komputer kurang laku, guru Bahasa Inggris mendirikan kursus bahasa Inggris kurang berkembang, banyak lulusan kursus perbengkelan, salon kecantikan dan lain-lain, malah usahanya kurang berkembang. Ketika kita mencoba mencari jawaban mengapa itu bisa terjadi, sebagian orang akan mengatakan "yach memang itulah nasib" mitos ini merupakan penghambat terbesar bagi kesuksesan seseorang .

Untuk menelaah mengapa orang tidak ahli "membuat barang tertentu" bisa sukses menjalankan bisnis di bidang "barang tertentu" tersebut, mari kita simak pertanyaan berikut:

  • Apakah untuk bisa mendirikan klinik atau rumah sakit, anda harus menjadi dokter terlebih dahulu ?
  • Apakah klinik milik dokter selalu lebih sukses dibanding yang bukan milik seorang dokter?
  • Apakah bengkel milik mekanik selalu lebih sukses dibanding yang milik orang tidak ahli mekanik?
  • Apakah orang yang hobby fotografi selalu lebih sukses dalam menjalankan usaha studio foto dibanding mereka yang tidak hobby fotografi ?

Bahwa ternyata, untuk sukses dalam menjalankan bisnis, anda tidak harus ahli di bidangnya. Juga tidak harus sesuai hobby. Yang penting adalah anda punya minat yang sangat kuat untuk memajukan bisnis tersebut. Hati-hatilah jika anda sekarang tengah bergulat mencoba memajukan bisnis yang sesuai dengan hobby atau keahlian anda, karena acapkali orang-orang yang ahli atau hobby dalam bidang tertentu, cenderung sulit mendelegasikan pekerjaan yang sudah jadi keahliannya. Mereka yang sangat ahli, kerapkali menganggap orang lain tidak bisa melakukan pekerjaan sebaik mereka. Keluhan mereka yang paling umum adalah,"wah, sulit sekali mendapatkan orang yang bisa bekerja baik dan bekerja keras seperti saya".

Mengapa mereka berhasil dalam bisnis padahal tidak ahli di bidang itu?

  1. Mereka yang tidak ahli dalam bidang tertentu tapi bisa sukses adalah karena mereka selalu fokus memajukan bisnisnya, bukan pada masalah teknik bekerjanya. Mereka percaya bahwa ada orang lain yang sangat ahli yang bisa menjadi bagian dari organisasi perusahaannya. Mereka memberikan kesempatan timnya untuk meningkatkan kualitas kerjanya. Mereka tidak pernah takut, orang yang pintar bekerja itu akan pindah atau keluar untuk menjadi pesaingnya. Karena sesungguhnya, bisnis apapun apabila berkembang cukup baik, pasti akan mendatangkan pesaing.
  2. Mereka yang tidak ahli dalam pekerjaan tertentu, selalu mengembangkan dirinya "bekerja" sebagai pemimpin. Yang selalu ia pelajari adalah bagaimana bisa memimpin satu orang, dua orang, hingga ribuan orang.
  3. Terkait dengan sikap kepemimpinannya, mereka sangat pandai mendelegasikan pekerjaan. Setiap kali mengerjakan sesuatu, yang mereka pikirkan adalah bagaimana supaya secepatnya bisa didelegasikan ke orang lain.
  4. Mereka pintar bekerjasama dengan banyak orang. Ada orang yang bisa bekerjasama dengan orang-orang tertentu saja, tapi mereka yang sukses berbisnis sangat cepat memutuskan untuk bekerjasama atau tidak bekerjasama dengan orang lain.
  5. Mereka pandai mengembangkan sistem bisnis. Awalnya kelangsungan bisnisnya sangat tergantung pada dirinya, namun dalam perkembangan selanjutnya, sistemlah yang membuat bisnisnya berjalan. Mereka membangun sistem pemasaran, sistem keuangan, sistem pengembangan SDM yang baik
  6. Mereka pandai mengelola waktu. Orang-orang sukses pasti sangat cermat dalam memanfaatkan waktu hidupnya. Mereka sangat efektif dalam berbicara, menulis dan berbagai kegiatannya.
  7. Mereka selalu mengembangkan relasi (relationship). Bahwa kunci sukses mereka dalam menjalankankan bisnis adalah membangun relasi dengan banyak pihak. Mereka adalah orang yang tidak suka berlama-lama duduk di kantor. Kegiatan utama mereka adalah berhubungan dengan banyak orang yang potensial untuk bekerjasama.
Dari tujuh hal di atas, semakin jelas bahwa untuk sukses anda tidak perlu ahli dalam teknik tertentu tapi yang lebih penting adalah mampu mengelola bisnisnya.

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons